BEM FKM UNHAS
PERIODE 2024-2025

IMG_20210321_121939

Pendidikan di tengah Wabah Pandemi

Wabah pandemi melanda dunia, begitu pula dengan Indonesia telah dilanda pandemic sejak maret 2020 kemarin. Perkembangan virus dengan cepat menyebar diseluruh Indonesia yang mengakibatkan banyaknya korban jiwa akibat virus covid-19. Banyak hal yang berubah drastis sejak terjadinya pandemi seperti segalanya menjadi serba online sejak terjadinya pandemi begitu pula dengan sistem pendidikan. Kebijakan pemerintah terbaru merubah sistem pembelajaran dari yang harus datang ke ruang kelas menjadi cukup di rumah saja bertatap muka melalui daring.  pemerintah provinsi dan pemerintah daerah menghasilkan kebijakan dalam dunia pendidikan yaitu meniadakan sementara pembelajaran tatap muka diganti dengan pembelajaran online baik tingkat sekolah maupun tingkat perguruan tinggi, diwujudkan dalam suatu sistem yang disebut electronic university (e-University). Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19 di Indonesia.

 

Menurut Moore, Dickson-Deane, & Galyen (2011) Pembelajaran online merupakan pembelajaran yang menggunakan jaringan internet dengan aksesibilitas, konektivitas, fleksibilitas, dan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran online, dibutuhkan perangkat-perangkat mobile seperti handphone, laptop, dan tablet yang digunakan untuk mengakses informasi dimana saja dan kapan saja. (Gikas & Grant, 2013). Penggunaan teknologi mobile memiliki kontribusi besar di dunia pendidikan, termasuk di dalamnya adalah pencapaian tujuan pembelajaran jarak jauh (Korucu & Alkan, 2011). Berbagai media juga dapat digunakan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran secara online. Misalnya kelas-kelas virtual menggunakan layanan Google Classroom, Edmodo, dan Schoology (Enriquez, 2014; Sicat, 2015; Iftakhar, 2016).

 

Dalam pembelajaran sistem online ini memiliki tantangan tersendiri yaitu salah satunya adalah kendala biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli kuota data internet lebih untuk mengakses berbagai media pembelajaran dan kendala lain yang dihadapi dalam pembelajaran online ini yaitu kesulitan dalam mengakses internet. Pada saat kebijakan belajar dari rumah untuk menekan penyebaran Covid-19 diberlakuan, banyak mahasiswa yang memilih untuk pulang kampung. Mereka mengaku kesulitan untuk mengikuti pembelajaran secara online karena tidak semua wilayah kampung mereka mendapatkan sinyal seluler, jikapun ada, sinyal yang didapat sangat lemah. Hal ini membuat mahasiswa terkadang terlambat mendapatkan informasi perkuliahan dan mengumpulkan tugas kuliah.

 

Di balik masalah dan keluhan tersebut, ternyata juga terdapat berbagai hikmah bagi pendidikan di Indonesia. Diantaranya, pelajar maupun dosen dapat menguasai teknologi untuk menunjang pembelajaran secara online ini. Di era disrupsi teknologi yang semakin canggih ini, dosen dan mahasiswa dituntut agar memiliki kemampuan dalam bidang teknologi pembelajaran. Penguasaan mahasiswa maupun dosen terhadap teknologi pembelajaran yang sangat bervariasi, menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Berbagai media pembelajaran online diantaranya aplikasi zoom meeting, google classroom, youtube, dan media lainnya digunakan untuk memaksimalkan sistem pembelajaran secara online.

 

Tindakan yang dilakukan oleh pemerintah di bidang pendidikan untuk mengatasi kendala dimasa pandemi ini yaitu memberikan kelonggaran untuk memberikan pulsa murah untuk pelajar, agar mereka bisa online setiap saat, ini juga sekaligus mengurangi beban orang tua. Tindakan lain yang dapat mengatasi kendala tersebut yaitu beberapa operator seluler telah mengeluarkan program khusus akibat Covid-19 ini. Beberapa provider menggratiskan layanan internet untuk akses-akses tertentu, misalnya untuk situs-situs pendidikan sebagaimana yang diungkapkan oleh anggota DPR RI (Budiansyah, 2020).

 

Dalam masa pandemi ini, tidak hanya dampak negatif yang didapatkan tetapi banyak juga dampak positif yang dapat diperoleh. Masa pandemi ini juga mengajarkan kita untuk belajar hidup lebih sehat dan bersih. Kita harapkan semoga pandemi ini lekas berakhir dan segala aktivitas dapat berjalan normal lagi.

 

Sumber :

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. 2020. Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 

64-70. https://www.jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/viewFile/111/99

 

Firman, F., & Rahayu, S. 2020. Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/download/659/369

 

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. 2020. Pendidikan dalam masa pandemi covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/download/44/6

 

Pujilestari, Y. 2020. Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. ‘ADALAH, 4(1).  http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/download/15394/7199

 

 

Siahaan, Matdio. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap
Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah. 20 (2)

http://repository.ubharajaya.ac.id/4842/2/Jurnal%20PANDEMIC%20MATDIO%20S.pdf

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *